Pengguna Internet Dunia Tembus 3 Miliar

KOMPAS.com - International Telecommunications Union (ITU) merilis laporan “Measuring the Information Society Report” pada awal minggu ini. 

Di dalamnya, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari ZDNet, Kamis (27/11/2014), lembaga perpanjangan tangan PBB yang ditugasi mengurus persoalan informasi, komunikasi, dan teknologi itu menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet dunia akan mencapai 3 miliar pada akhir 2014.

Angka tersebut naik dari 2,7 miliar pengguna internet dunia yang tercatat oleh ITU menjelang akhir tahun 2013 lalu.

ITU juga menyebutkan bahwa sebagian besar atau dua pertiga dari pengguna internet dunia tinggal di negara-negara berkembang, seperti India dan Indonesia. 

Selama lima tahun terakhir dari 2009 hingga 2014, jumlah pengguna internet di negara-negara berkembang mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

Secara umum jumlah pengguna internet dunia terus mengalami pertumbuhan. Angka pertumbuhan itu tercatat mencapai kisaran 6,6 persen pada 2014.

Meski 3 miliar penduduk dunia sudah online, ITU mengingatkan bahwa masih ada 4,3 miliar orang yang belum mendapat akses internet. Sebanyak 90 persen di antaranya tinggal di negara-negara berkembang.

Komentar